Senin, 01 Desember 2014

Ini Kesepakatan Menteri Susi dan KSAL Marsetio

Wiji Nurhayat - detikfinance
Senin, 01/12/2014 11:57 WIB
//images.detik.com/content/2014/12/01/4/susiksal2.jpg
Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bertemu Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Marsetio di Markas Besar TNI AL di Cilangkap, Jakarta Timur.

Pertemuan yang berlangsung selama 30 menit ini menyepakati beberapa hal di sektor kelautan dan perikanan. Kesepakatan itu disusun dalam satu MoU yang ditandatangani antara Menteri Susi dan seluruh pejabat eselon I Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan KSAL Marsetio, dan para petinggi TNI AL.

Beberapa kesepakatan dalam MoU antara lain:
  • Peningkatan bersama pengawasan laut dan hukum di wilayah Indonesia dengan kontrak kerjasama selama 5 tahun.
  • Pertukaran data di bidang kelautan dan perikanan dengan kontrak kerjasama selama 5 tahun.
  • Kerjasama kursus dan pelatihan pada pelaku kelautan dan perikanan, kerjasama 2 tahun.
  • Survei penelitian dan pengkajian serta pemanfaatan sarana dan prasarana dengan kontrak kerjasama 5 tahun.

"Alhamdulillah akhirnya hari ini saya mewakili Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kepala Staf Angkatan Laut bisa menandatangani kerjasama dalam satu perjanjian MoU antara KKP bersama KSAL," kata Susi, Senin (1/12/2014).

Dengan MoU ini, Susi mengatakan tujuan utama dari visi dan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan wilayah laut Indonesia berdaulat.

Menurut Susi, Presiden Jokowi bercita-cita ingin menata kembali pengelolaan hasil kelautan Indonesia terutama sektor perikanan dan sumber kelautan laut lainnya.

"Dengan MoU ini serta kebijakan pelarangan transhipment (bongkar muat tengah laut) bisa menyegarkan penataan kembali kelautan Indonesia agar bisa lebih berkelanjutan dan bermanfaat bagi bangsa dan negara," tuturnya.

Di depan KSAL Marsetio, Susi mengatakan wilayah laut Indonesia adalah yang terluas nomor dua di dunia tetapi ekspor perikanan Indonesia masih nomor 5 di kawasan Asia Tenggara. "Ikan kita belum jadi tuan rumah di negara sendiri," jelas Susi.

Di tempat yang sama KSAL Marsetio mengatakan setuju dan mendukung seluruh rencana Menteri Susi. Menurutnya seluruh kebijakan yang Menteri Susi buat untuk menciptakan kedaulatan wilayah laut Indonesia sama dengan visi misi TNI AL.

"Intinya kerjasama sudah terjalin dan kita tingkatkan," tegas Marsetio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar